KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas rahmat dan karunia-Nya, penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura dapat diselesaikan. Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada seluruh civitas akademika, baik structural, fungsional, dosen, mahasiswa, maupun karyawan dan semua pihak atas dukungan yang diberikan dalam penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura.
Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini merupakan struktur mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang menggambarkan proses perkembangan dan rencana pencapaian visi dan misi di masa yang akan dating yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mencakup parameter deskripsi umum (sikap religious, dan sosial), kemampuan bidang kerja, pengetahuan, manajerial serta tanggung jawab.
Berbagai saran dan kritik serta masukan yang mengarah pada perbaikan sangat kami harapkan. Semoga Kurkulum Berbasis KKNI ini dapat menjadi jembatan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu diterima. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim penyusun dan semua pihak yang telah membantu terselesaikannya Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
Tim Penyusun.
DAFTAR ISI
GAMBARAN UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 1
- SEJARAH PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 1
- VISI MISI DAN TUJUAN STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA.. 1
- VISI MISI DAN TUJUAN PRODI PBA STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA.. 2
- TENAGA PENGAJAR.. 3
PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 5
- LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN KURIKULUM… 5
- LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM… 6
- MAKSUD DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM… 7
- STRUKTUR KURIKULUM… 7
- PROFIL LULUSAN.. 7
- DESKRIPSI LEVEL 6 (S1) PADA KKNI. 8
- CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME). 10
- PEMETAAN BAHAN KAJIAN.. 15
- KODE MATA KULIAH.. 17
- PENGEMASAN MATA KULIAH, BOBOT SKS, DAN KODE MATA KULIAH.. 18
- PETA KURIKULUM… 21
- SEBARAN MATA KULIAH BERDASARKAN PROFIL LULUSAN.. 22
- DISTRIBUSI MATA KULIAH.. 22
- PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN.. 25
- PENILAIAN HASIL BELAJAR.. 29
- SARANA DAN PRASARANA PERKULIAHAN.. 31
- SISTEM PENJAMINAN MUTU.. 32
- RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER.. 33
GAMBARAN UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
A. SEJARAH PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dibuka pada tahun akademik 2004/2005 yang merupakan realisasi dari rencana dan strategi (RENSTRA) STIT Darul Hijrah tahun 2004. Pembukaan prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada tahun tersebut dititik beratkan pada partisipasi STIT dalam mendukung kebijaksanaan pemerintah tentang pengembangan sumber daya manusia.
Sejalan dengan itu, pengurus Yayasan Pondok Darul Hijrah melalui SK Yayasan Pendidikan Pondok Darul Hijrah No. 003/I.15.2/YPPDH/KP/2004tanggal 11 Maret 2004 telah menetapkan pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan disambut oleh peminat Pendidikan Bahasa Arab dengan penuh antusiasme. Hal ini ditunjukkan dengan animo pendaftaran yang terus meningkat.
Program Studi PBA STIT Darul Hijrah Terakreditasi sebagaimana tertuang dalam SK Nomor : 4316/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017. Berlaku sejak tanggal 07 Nopember 2017 – 07 Nopember 2022.
B. VISI MISI DAN TUJUAN STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA
Visi
Unggul, Handal, dan Terdepan dalam pengkajian, pengembangan, dan penerapan ilmu Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Keislaman Tahun 2022.
Misi
- Menyelenggarakan program studi Pendidikan akademik dan professional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
- Mendidik generasi Islam melalui kurikulum dan proses pembelajaran yang professional untuk menghasilkan lulusan yang berkepribadian Tangguh dan kompeten.
- Menumbuh-kembangkan suasana akademik yang kondusif, nyaman dengan dukungan fasilitas sarana-prasarana yang representative.
- Mengembangkan penelitian Pendidikan Islam dan ilmu keagamaan secara interdisipliner.
- Memberi kontribusi bagi kemajuan masyarakat melalui berbagai program pembelajaran, Pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian pada masyarakat.
C. VISI MISI DAN TUJUAN PRODI PBA STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA
Visi
Unggul dan kompetitif dalam penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Arab berbasis keislaman Tahun 2022.
Penjabaran Visi
Unggul
- Memiliki kompetensi dalam hal Pendidikan, kreatif dan inovatif.
- Mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sesuai perkembangan zaman.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi khususnya Bahasa asing dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin.
Kompetitif
- Berdaya saing tinggi
- Mampu berkompetisi di tingkat Nasional.
- Mampu mengembangkan diri secara keseluruhan.
Berbasis Keislaman
“Mengajarkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.”
Misi
- Mewujudkan tenaga kependidikan dan pengajaran yang profesional dalam bidang Bahasa Arab.
- Mengembangkan metodologi pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif.
- Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan pembelajaran Bahasa Arab.
- Meningkatkan upaya-upaya signifikan dalam bidang pengabdian dan kerjasama dengan berbagai institusi penyelenggara pendidikan Bahasa Arab.
- Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta.
- Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi keilmuan di bidang Bahasa Arab.
Tujuan
- Menghasilkan guru bidang pendidikan Bahasa Arab yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas di bidangnya.
- Menyiapkan peneliti dalam bidang pengembangan Bahasa Arab.
- Menyiapkan pengkaji hukum Islam dari sumbernya yang asli (kitab-kitab turats)
D. TENAGA PENGAJAR
No. | Nama Dosen | NIDN | Pendidikan Pascasarjana | Bidang Keahlian | Jabatan Akademik | Sertifikat Pendidikan Profesional |
1. | Prof. Dr. H. A. Athaillah, M.Ag | 9921011740 | Guru Besar Pengkajian Islam | Tafsir | Guru Besar | |
2. | H. Samsul Bahri, S.Ag., MA | 2102077001 | Magister Pendidikan Bahasa Arab | Nahwu | Lektor | 192222019520021 |
3. | Anida Yuspa, M.Pd | 2124078402 | Magister Pendidikan Bahasa Arab | Maharah Qira’ah | Lektor | 172222011520002 |
4. | Mahridawati, M.Hum | 2115058903 | Magister Ilmu Bahasa Arab | Maharah Kitabah | Lektor | |
5. | Midi HS, M.Pd | 2103058901 | Magister Pendidikan Bahasa Arab | Thuruq Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah | Asisten Ahli | |
6. | Mar-a Rabbi Radliyya, M.Pd.I | 2114019101 | Magister Pendidikan Bahasa Arab | Maharah Istima’ | Asisten Ahli | |
7. | Mursyidatul Awaliyah, M.Pd | 2108079203 | Magister Pendidikan Bahasa Arab | Ilmu Balaghah | Asisten Ahli | |
8. | Awad, MA | 2117058301 | Magister Pemikiran Islam | Pancasila | Lektor | 192222017210027 |
9. | Dr. M. Anshari, S.Th.I., M.H.I | 2113048701 | Magister Hukum Islam | Syariah | Lektor | |
10. | Rusma Yulidawati, M.Pd.I | 2101028802 | Magister Pendidikan | Manajemen Pendidikan | Asisten Ahli | |
11. | Yunizar Ramadhani, S.Fil.I., M.Pd | 2111068401 | Magister Pendidikan | Psikolinguistik | Asisten Ahli |
PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
A. LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengembangan kurikulum adalah hak perguruan tinggi sebagaimana yang dijamin Undang-Undang Perguruan Tinggi Tahun 2012 dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan tinggi, kurikulum adalah strategi yang terprogram untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan (capaian pembelajaran), intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan yang ditetapkan. Perubahan kurikulum perguruan tinggi dari KBK menjadi KKNI di Indonesia disebabkan tidak adanya parameter ukur untuk menilai apakah program studi jenjang Pendidikan yang satu lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Selain itu, di dalam KBK tidak memuat adanya deskripsi sikap dan tata nilai. Sementara itu, capaian pembelajaran pada KKNI menguraikan deskripsi sikap, tata nilai, kemampuan pengetahuan, tanggung jawab dan hak dengan pernyataan yang ringkas.
Dengan adanya KKNI ini, diharapkan dapat mengubah cara pandang kompetensi seseorang dengan tidak lagi memandang ijazah tetapi lebih dari pada itu melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil Pendidikan seseorang baik formal, non formal atau in formal. Hal itu lah yang melatar belakangi perumusan ulang kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura.
B. LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengembangan kurikulum S1 Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura dilandasi oleh nilai-nilai teologis, filosofis, kultural, sosiologis, psikologis, dan kebijakan-kebijakan dalam perundang-undangan sebagai berikut :
- Landasan Teologis
Pendidikan yang dikembangkan adalah Pendidikan yang berasaskan Al-Qur’an.
- Landasan Filosofis
Kurikulum yang dibangun adalah kurikulum yang inklusif yang tidak menganggap kebenaran tunggal yang hanya didapat dari satu sumber, namun menghargai kebenaran yang berasal dari sumber lain yang beragam.
- Landasan Kultural
Kurikulum yang diterapkan harus berbasis pada perpaduan antara globalisme dan universalisme, lokalisme dan partikularisme guna pengembangan keagamaan dan keilmuan.
- Landasan Sosiologis
Kurikulum berdasarkan pada keberagaman suku bangsa, budaya, dan agama sehingga melahirkan lulusan yang mampu menyelesaikan masalah di masyarakat.
- Landasan Psikologis
Kurikulum yang diarahkan untuk mengembangkan kepribadian yang memiliki keterampilan sosial yang baik dan memiliki etos kerja tinggi.
- Landasan Yuridis
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
- Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
- Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
- Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
C. MAKSUD DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Penyusunan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura merupakan tindak lanjut dari implementasi terhadap Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 serta Permendikbud RI Nomor 73 Tahun 2013. Tujuannya adalah tersusunnya dokumen kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mengacu pada KKNI, mulai dari Latar Belakang, Landasan, Visi dan Misi, Tujuan, dan seterusnya. Dengan disusunnya dokumen kurikulum ini, maka diharapkan kurikulum ini dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kualitas, melahirkan output yang unggul di bidangnya dengan kompetensi yang dimilikinya mampu memenuhi kualifikasi untuk bekerja dalam berbagai bidang kerja, seperti Guru, Peneliti bidang Pendidikan, wirausaha, dan lain-lain.
D. STRUKTUR KURIKULUM
1. PROFIL LULUSAN
NO. | PROFIL | DESKRIPTOR |
1. | Pendidik Bahasa Arab | Menjadi pendidik Bahasa Arab yang memiliki kemampuan pedagogik yang berlandaskan nilai-nilai keislaman, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif dan inovatif melalui perkuliahan, praktikum, praktek lapangan dengan professional. |
2. | Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab | Menjadi peneliti bidang Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab yang mampu melakukan penelitian tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan penerbitan berkala melalui jurnal ilmiah. |
3. | Wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab | Menjadi wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang mampu mengelola bimbingan belajar dan mengadakan bahan ajar/sumber belajar melalui perkuliahan dengan professional. |
2. DESKRIPSI LEVEL 6 (S1) PADA KKNI
DESKRIPSI UMUM |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi system Pendidikan nasional dan system pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut :
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya; 3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia; 4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat orang lain; 6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 JENJANG SARJANA (S1) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB |
Deskripsi Generik level 6 (Paragraf Pertama)
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan Ipteks pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Deskripsi Spesifik 1. Mampu memanfaatkan IPTEK yang relevan dalam lingkup Pendidikan Bahasa Arab yaitu dalam pembuatan perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab. 2. Mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian problematika pembelajaran Bahasa Arab. 3. Mampu Menyusun perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. |
Deskripsi generik level 6 (Paragraf Kedua)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara procedural. Deskripsi Spesifik 1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Bahasa Arab, keilmuan Pendidikan dan pedagogik. 2. Menguasai substansi kajian (konten) Bahasa Arab dan Pendidikan secara mendalam. |
Deskripsi generik level 6 (Paragraf Ketiga)
Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Deskripsi Spesifik 1. Mampu menunjukkan dedikasi yang tinggi pada berbagai bidang pekerjaan Pendidikan Bahasa Arab pada Lembaga-lembaga Pendidikan dan instansi yang menangani Pendidikan. 2. Memiliki tanggung jawab secara keilmuan dalam konten Pendidikan Bahasa Arab. |
3. CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)
Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2014, maka Kompetensi Lulusan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab dirumuskan sebagai berikut :
Ranah | Capaian Pembelajaran |
Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain; 6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; 10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan local dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. |
Keterampilan Umum | 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 9. Mampu mendokumentasikan, meyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Keterampilan Khusus | 1. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan, berpikir kritis, kreatif dan penyelesaian masalah
2. Mampu mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah sesuai standar isi, proses, dan penilaian 3. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. 4. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran Bahasa Arab, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada, serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing. |
Pengetahuan | 1. Mampu menguasi konsep teoritis tentang teori Pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogic Bahasa Arab, metodologi pembelejaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran
2. Mampu menguasai konsep teoritis Bahasa Arab 3. Mampu menguasai dasar-dasar metode ilmiah dalam pembelajaran Bahasa Arab |
4. PEMETAAN BAHAN KAJIAN
NO. | CAPAIAN PEMBELAJARAN | BAHAN KAJIAN |
1. | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | Pedagogik, penelitian, pengetahuan Bahasa Arab, Praktek Pendidikan |
2. | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | Pedagogik, penelitian, pengetahuan Bahasa Arab, praktek Pendidikan |
3. | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di aats dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | Penelitian |
4. | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data | Pedagogik, penelitian Pendidikan Bahasa Arab |
5. | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya | Profesi keguruan |
6. | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | Pedagogik, pengetahuan Bahasa Arab, Profesi keguruan |
7. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | Penelitian |
8. | Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan berpikir krtiis, kreatif, dan penyelesaian masalah | Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab |
9. | Mampu mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah sesuai standar isis, proses, dan penilaian | Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab |
10. | Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia | Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab |
11. | Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran Bahasa Arab, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori temuan penelitian yang ada; serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing | Pedagogik, penelitian, Pendidikan Bahasa Arab |
12. | Menguasai konsep teoritis tentang Bahasa Arab | Pendidikan Bahasa Arab |
13. | Menguasai konsep teoritis tentang teori Pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogic, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab | Pedagogik |
14. | Menguasai dasar-dasar metode ilmiah | Penelitian |
5. KODE MATA KULIAH
Kode mata kuliah terdiri dari tiga dan empat huruf dan empat digit angka. Tiga dan empat huruf menunjukkan mata kuliah tersebut termasuk komponen universitas, fakultas, dan program studi.
- Keterangan Kode
INS : Menunjukkan mata kuliah komponen universitas yang tercantum dalam kurikulum nasional dan wajib diambil oleh semua mahasiswa.
STIT : Menunjukkan mata kuliah komponen fakultas yang tercantum dalam kurikulum nasional dan wajib diambil oleh semua mahasiswa.
PBA : Menunjukkan mata kuliah komponen program studi Pendidikan Bahasa Arab yang tercantum dalam kurikulum nasional dan kurikulum local dan wajib diambil oleh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab.
- Keterangan Angka
Digit pertama dimulai dengan angka 0 secara runtut sesuai dengan jumlah matakuliah yang tersaji di komponen universitas.
Digit kedua dengan angka 1 menunjukkan mata kuliah komponen fakultas secara runtut.
Digit kedua dengan angka 2 menunjukkan mata kuliah komponen program studi secara runtut.
6. PENGEMASAN MATA KULIAH, BOBOT SKS, DAN KODE MATA KULIAH
Mata kuliah Nasional
No. | Kode Mata Kuliah | Sks | Nama Mata Kuliah |
1. | INS 0001 | 2 | Pancasila |
2. | INS 0002 | 2 | Kewarganegaraan |
3. | INS 0003 | 2 | Bahasa Indonesia |
4. | INS 0004 | 2 | Bahasa Inggris |
5. | INS 0005 | 2 | Filsafat Ilmu |
6. | INS 0006 | 2 | Psikologi Umum |
7. | INS 0007 | 2 | Islam dan Sains |
8. | INS 0008 | 4 | KKN |
9. | INS 0009 | 6 | Skripsi |
Mata kuliah Fakultas
No. | Kode Mata Kuliah | Sks | Nama Mata Kuliah |
1. | STIT 0110 | 2 | Manajemen Pendidikan |
2. | STIT 0111 | 2 | Bimbingan Konseling |
3. | STIT 0112 | 2 | Filsafat Pendidikan Islam |
4. | STIT 0113 | 2 | Pengantar Studi Islam |
5. | STIT 0114 | 2 | Akidah Islam (Tauhid) |
6. | STIT 0115 | 2 | Ushul Fiqh dan Fiqh |
7. | STIT 0116 | 2 | Psikologi Pendidikan |
8. | STIT 0117 | 2 | Hadits Tarbawi |
9. | STIT 0118 | 2 | Tafsir Tarbawi |
10. | STIT 0119 | 2 | Pendidikan Akhlak (Tasawuf) |
11. | STIT 0120 | 2 | Sejarah Pendidikan Islam |
12. | STIT 0121 | 2 | Statistik Pendidikan |
13. | STIT 0122 | 2 | Ilmu Pendidikan Islam |
14. | STIT 0123 | 2 | PPL 1 |
15. | STIT 0124 | 2 | Profesi Keguruan |
16. | STIT 0125 | 2 | Kewirausahaan |
17. | STIT 0126 | 2 | Sosiologi Pendidikan |
18. | STIT 0127 | 2 | Pendidikan Inklusi |
19. | STIT 0128 | 2 | PPL 2 |
Mata kuliah Program Studi
No. | Kode Mata Kuliah | Sks | Nama Mata Kuliah | |
1. | PBA 0229 | 2 | Maharah Al-Istima’ I | |
2. | PBA 0230 | 2 | Maharah Al-Istima’ II | |
3. | PBA 0231 | 2 | Maharah Al-Kalam I | |
4. | PBA 0232 | 2 | Maharah Al-Kalam II | |
5. | PBA 0233 | 2 | Maharah Al-Kalam III | |
6. | PBA 0234 | 2 | Maharah Al-Qira’ah I | |
7. | PBA 0235 | 2 | Maharah Al-Qira’ah II | |
8. | PBA 0236 | 2 | Maharah Al-Qira’ah III | |
9. | PBA 0237 | 2 | Maharah Al-Kitabah I | |
10. | PBA 0238 | 2 | Maharah Al-Kitabah II | |
11. | PBA 0239 | 2 | Maharah Al-Kitabah III | |
12. | PBA 0240 | 2 | Nahwu I | |
13. | PBA 0241 | 2 | Nahwu II | |
14. | PBA 0242 | 2 | Nahwu III | |
15. | PBA 0243 | 2 | Sharf I | |
16. | PBA 0244 | 2 | Sharf II | |
17. | PBA 0245 | 2 | Ilmu Balaghah I | |
18. | PBA 0246 | 2 | Ilmu Balaghah II | |
19. | PBA 0247 | 2 | Metode Pembelajaran Bahasa Arab I | |
20. | PBA 0248 | 2 | Metode Pembelajaran Bahasa Arab II | |
21. | PBA 0249 | 2 | Tarjamah I | |
22. | PBA 0250 | 2 | Tarjamah II | |
23. | PBA 0251 | 2 | Bahasa Arab Modern I | |
24. | PBA 0252 | 2 | Bahasa Arab Modern II | |
25. | PBA 0253 | 2 | Ilmu Lughah | |
26. | PBA 0254 | 2 | Ilmu Lughah Al-Ijtima’i | |
27. | PBA 0255 | 2 | Ilmu Lughah An-Nafsiy | |
28. | PBA 0256 | 2 | Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab | |
29. | PBA 0257 | 2 | Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab | |
30. | PBA 0258 | 2 | Qawaid Al-Imla | |
31. | PBA 0259 | 2 | Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab | |
32. | PBA 0260 | 2 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | |
33. | PBA 0261 | 2 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab | |
34. | PBA 0262 | 2 | Strategi Pembelajaran Bahasa Arab | |
35. | PBA 0263 | 2 | Fiqh Lughah | |
36. | PBA 0264 | 2 | Metode Penelitian (Umum) | |
37. | PBA 0265 | 2 | Metode Penelitian Pendidikan dan Bahasa | |
38. | PBA 0266 | 2 | Tadribat Al-Lughawiyyah wa An-Nahwiyyah | |
39. | PBA 0267 | 2 | Seminar Proposal | |
40. | PBA 0268 | 2 | Tarikh Al-‘Ulum Al-‘Arabiyyah | |
41. | PBA 0269 | 2 | Al-‘Arabiyyah Li Al-Aghradh Al-Khashah | |
42. | PBA 0270 | 2 | Uslub Kitabah Ar-Risalah ‘Ilmiah | |
7. PETA KURIKULUM
8. SEBARAN MATA KULIAH BERDASARKAN PROFIL LULUSAN
NO. | PROFIL | MATA KULIAH |
1. | Pendidik Bahasa Arab | Profesi Keguruan, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Startegi Pembelajaran Bahasa Arab, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab, Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab, Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab, Maharah Lughawiyyah, |
2. | Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab | Pendidikan Inklusi, Metode Penelitian, Metode Penelitian Pendidikan, dan Bahasa, PPL |
3. | Wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab | Media Pembelajaran Bahasa Arab, Kewirausahaan |
9. DISTRIBUSI MATA KULIAH
Smt | Matakuliah | Kode Matakuliah | SKS | Prasyarat |
I | PANCASILA | INS 0001 | 2 | |
FILSAFAT ILMU | INS 0005 | 2 | ||
ISLAM DAN SAINS | INS 0007 | 2 | ||
BAHASA INDONESIA | INS 0003 | 2 | ||
AKIDAH ISLAM (TAUHID) | STIT 0114 | 2 | ||
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM | STIT 0112 | 2 | ||
HADITS TARBAWI | STIT 0117 | 2 | ||
TAFSIR TARBAWI | STIT 0118 | 2 | ||
SHARF I | PBA 0243 | 2 | ||
ILMU BALAGHAH I | PBA 0245 | 2 | ||
QAWA’ID AL-IMLA | PBA 0258 | 2 | ||
TARIKH AL-ULUM AL-‘ARABIYYAH | PBA 0268 | 2 | ||
Jumlah | 24 | |||
II | PENGANTAR STUDI ISLAM | STIT 0113 | 2 | |
PSIKOLOGI UMUM | INS 0006 | 2 | ||
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | INS 0002 | 2 | ||
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM | STIT 0120 | 2 | ||
USHUL FIQH DAN FIQH | STIT 0115 | 2 | ||
PENDIDIKAN AKHLAK (TASAWUF) | STIT 0119 | 2 | ||
STATISTIK PENDIDIKAN | STIT 0121 | 2 | ||
SOSIOLOGI PENDIDIKAN | STIT 0126 | 2 | ||
ILMU BALAGHAH II | PBA 0246 | 2 | ILMU BALAGHAH I | |
SHARF II | PBA 0244 | 2 | SHARF I | |
NAHWU I | PBA 0240 | 2 | ||
MAHARAH AL-ISTIMA’ I | PBA 0229 | 2 | ||
Jumlah | 24 | |||
III | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | STIT 0116 | 2 | |
BAHASA INGGRIS | INS 0004 | 2 | ||
BIMBINGAN KONSELING | STIT 0111 | 2 | ||
MANAJEMEN PENDIDIKAN | STIT 0110 | 2 | ||
KEWIRAUSAHAAN | STIT 0125 | 2 | ||
PENDIDIKAN INKLUSI | STIT 0127 | 2 | ||
ILMU PENDIDIKAN ISLAM | STIT 0122 | 2 | ||
PROFESI KEGURUAN | STIT 0124 | 2 | ||
MAHARAH AL-ISTIMA’ II | PBA 0230 | 2 | MAHARAH AL-ISTIMA’ I | |
NAHWU II | PBA 0241 | 2 | NAHWU I | |
MAHARAH AL-QIRA’AH I | PBA 0234 | 2 | ||
MAHARAH AL-KALAM I | PBA 0231 | 2 | ||
Jumlah | 24 | |||
IV | MAHARAH AL-QIRA’AH II | PBA 0235 | 2 | MAHARAH AL-QIRA’AH I |
MAHARAH AL-KALAM II | PBA 0232 | 2 | MAHARAH AL-KALAM I | |
NAHWU III | PBA 0242 | 2 | NAHWU II | |
MAHARAH AL-KITABAH I | PBA 0237 | 2 | ||
METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I | PBA 0247 | 2 | ||
TARJAMAH I | PBA 0249 | 2 | ||
BAHASA ARAB MODERN I | PBA 0251 | 2 | ||
PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB | PBA 0260 | 2 | ||
MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB | PBA 0259 | 2 | ||
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB | PBA 0262 | 2 | ||
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB | PBA 0261 | 2 | ||
AL-‘ARABIYYAH LI AL-AGHRADH AL-KHASH | PBA 0269 | 2 | ||
Jumlah | 24 | |||
V | MAHARAH AL-QIRA’AH III | PBA 0236 | 2 | MAHARAH AL-QIRA’AH II |
MAHARAH AL-KALAM III | PBA 0233 | 2 | MAHARAH AL-KALAM II | |
MAHARAH AL-KITABAH II | PBA 0238 | 2 | MAHARAH AL-KITABAH I | |
METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB II | PBA 0248 | 2 | METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I | |
TARJAMAH II | PBA 0250 | 2 | TARJAMAH I | |
ILMU LUGHAH | PBA 0253 | 2 | ||
FIQH LUGHAH | PBA 0263 | 2 | ||
BAHASA ARAB MODERN II | PBA 0252 | 2 | BAHASA ARAB MODERN I | |
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB | PBA 0257 | 2 | ||
PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB | PBA 0256 | 2 | ||
TADRIBAT AL-LUGHAWIYYAH WA AN-NAHWIYYAH | PBA 0266 | 2 | ||
Jumlah | 22 | |||
VI | ILMU LUGHAH AN-NAFSIY | PBA 0255 | 2 | |
ILMU LUGHAH AL-IJTIMA’I | PBA 0254 | 2 | ||
METODE PENELITIAN (UMUM) | PBA 0264 | 2 | ||
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA | PBA 0265 | 2 | ||
MAHARAH AL-KITABAH III | PBA 0239 | 2 | MAHARAH AL-KITABAH II | |
USLUB KITABAH AR-RISALAH ILMIAH | PBA 0270 | 2 | ||
PPL I | STIT 0123 | 2 | ||
SEMINAR PROPOSAL | PBA 0267 | 2 | ||
Jumlah | 16 | |||
VII | PPL II | STIT 0128 | 2 | PPL I |
KKN | INS 0008 | 4 | ||
Jumlah | 6 | |||
VIII | SKRIPSI | INS 0009 | 6 | |
Jumlah | 6 | |||
Total Seluruh SKS | 146 |
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pembelajaran yang berlangsung di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).
- Karakteristik Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
- Mahasiswa secara aktif terlibat di dalam mengelola pengetahuan
- Tidak hanya menekankan pada penguasaan materi tetapi juga dalam mengembangkan karakter mahasiswa
- Memanfaatkan banyak media (multimedia)
- Fungsi dosen sebagai fasilitator dan evaluasi dilakukan Bersama dengan mahasiswa
- Untuk pengembangan ilmu dengan pendekatan interdisipliner
- Iklim yang dikembangkan lebih bersifat kolaboratif, suportif, dan kooperatif
- Mahasiswa dan dosen belajar bersama di dalam mengembangkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan
- Mahasiswa dapat belajar tidah hanya melalui perkuliahan tetapi dapat menggunakan berbagai media dan kegiatan ekstrakurikuler
- Penekanan pada pencapaian kompetensi peserta didik dan bukan tuntasnya materi
- Penekanan pada bagaimana cara mahasiswa dapat belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar, metode interdisipliner, dan penekanan pada problem based learning dan skills
- Pola pembelajaran berpusat pada mahasiswa (SCL) diharapkan dapat menghantarkan mahasiswa untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.
Konsekuensi dosen hanya sebagai fasilitator dan motivator dengan menyediakan beberapa strategi belajar yang memungkinkan mahasiswa (Bersama dosen) memilih, menemukan dan Menyusun pengetahuan serta cara mengembangkan keterampilannya (method of inquiry and discovery).
- Proses Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
Dalam proses pembelajaran SCL, dosen masih memiliki peran penting, sebagai berikut :
- Bertindak sebagai fasilitator dan motivator
- Mengkaji kompetensi mata kuliah yang perlu dikuasai mahasiswa di akhir pembelajaran
- Merancang strategi dan lingkungan pembelajaran dengan menyediakan berbagai pengalaman belajar yang diperlukan mahasiswa dalam rangka mencapai kompetensi yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu
- Membantu mahasiswa mengakses informasi, menata dan memprosesnya untuk dimanfaatkan dalam memecahkan permasalahan nyata
- Mengidentifikasi dan menentukan pola penilaian hasil belajar mahasiswa yang relevan dengan kompetensinya.
Sementara itu, peran yang harus dilakukan mahasiswa dalam pembelajaran SCL adalah :
- Mengkaji kompetensi mata kuliah yang dipaparkan dosen
- Mengkaji strategi pembelajaran yang ditawarkan dosen
- Membuat rencana pembelajaran untuk mata kuliah yang diikutinya
- Belajar secara aktif (dengan cara mendengar, membaca, menulis, diskusi, dan terlibat dalam kegiatan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi) baik secara individu maupun berkelompok
- Mengoptimalkan kemampuan dirinya.
- Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
Terdapat beragam metode pembelajaran untuk SCL. Beberapa alternatif metode berikut dapat menjadi bahan pertimbangan, di antaranya adalah :
- Small Group Discussion
Diskusi adalah salah satu elemen belajar secara aktif dan merupakan bagian dari banyak model pembelajaran SCL yang lain. Mahasiswa peserta kuliah diminta membuat kelompok kecil (5 sampai 10 orang) untuk mendiskusikan bahan yang diberikan oleh dosen atau bahan yang diperoleh sendiri oleh anggota kelompok tersebut. Dengan aktivitas kelompok kecil mahasiswa dapat belajar : (a) menjadi pendengar yang baik; (b) bekerjasama untuk tugas Bersama; (c) memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif; (d) menghormati perbedaan pendapat; (e) mendukung pendapat dengan bukti; (f) menghargai sudut pandang yang bervariasi (gender, budaya, dan lain-lain). Adapun aktivitas diskusi kelompok kecil dapat berupa : (a) membangkitkan ide; (b) menyimpulkan point penting; (c) mengakses tingkat skill dan pengetahuan; (d) mengkaji kembali topik di kelas sebelumnya; (e) menelaah Latihan, quiz, tugas menulis; (f) memproses outcome pembelajaran pada akhir kelas; (g) memberi komentar tentang jalannya kelas; (h) membandingkan teori, isu, dan interpretasi; (i) menyelesaikan masalah; (j) brainstorming.
- Simulasi/Demonstrasi
Simulasi adalah model yang membawa situasi yang mirip dengan sesungguhnya ke dalam kelas. Misalnya mempraktekkan kemampuan umum (komunikasi verbal dan non verbal), mempraktekkan kemampuan khusus, mempraktekkan kemampuan tim, mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving), mengembangkan kemampuan empati.
- Discovery Learning
Discovery Learning adalah metode belajar yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yang diberikan dosen maupun yang dicari sendiri oleh mahasiswa, untuk membangun pengetahuan dengan cara belajar mandiri.
- Self-Directed Learning
SDL adalah proses belajar yang dilakukan atas inisiatif individu mahasiswa sendiri. Dalam hal ini, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terhadap pengalaman belajar yang telah dijalani, dilakukan semuanya oleh individu yang bersangkutan. Sementara dosen hanya bertindak sebagai fasilitator yang memberi arahan, bimbingan, dan konfirmasi terhadap kemajuan belajar yang telah dilakukan individu mahasiswa tersebut. Metode belajar ini bermanfaat untuk menyadarkan dan memberdayakan mahasiswa bahwa belajar adalah tanggung jawab mereka sendiri. Prinsip yang digunakan dalam SDL adalah : (a) pengalaman merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat; (b) kesiapan belajar merupakan tahap awal menjadi pembelajar mandiri; (c) orang dewasa lebih tertarik belajar dari permasalahan dari pada dari isi mata kuliah. Dalam hal ini, dosen dan mahasiswa harus memiliki semangat yang saling melengkapi dalam melakukan pencarian pengetahuan.
- Cooperative Learning
CL adalah metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas. Kelompok ini terdiri atas beberapa orang mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang beragam. Metode ini sangat terstruktur karena pembentukan kelompok, materi yang dibahas, Langkah-langkah diskusi serta produk akhir yang harus dihasilkan, semuanya ditentukan dan dikontrol oleh dosen. Mahasiswa dalam hal ini hanya mengikuti prosedur diskusi yang dirancang oleh dosen. Pada dasarnya, CL merupakan perpaduan antara teacher-centered dan student-centered learning. CL bermanfaat untuk membantu menumbuhkan dan mengasah : (a) kebiasaan belajar aktif pada diri mahasiswa; (b) rasa tanggung jawab individu dan kelompok mahasiswa; (c) kemampuan dan keterampilan bekerjasama antar mahasiswa; dan (d) keterampilan sosial mahasiswa.
- Collaborative Learning
CbL adalah metode belajar yang menitikberatkan pada Kerjasama antar mahasiswa yang didasarkan pada consensus yang dibangun sendiri oleh anggota kelompok. Masalah/tugas/kasus memang berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui consensus Bersama antar anggota kelompok.
- Contextual Instruction
Adalah konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan memotivasi mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat. Pada intinya, metode ini memanfaatkan pengetahuan dosen dan mahasiswa secara Bersama-sama, untuk mencapai kompetensi yang dituntut oleh mata kuliah, serta memberikan kesempatan pada semua orang yang terlibat dalam pembelajaran satu sama lain.
- Project-Based Learning
Adalah metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang Panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati.
- Problem-Based Learning
Problem Based Learning adalah belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Pada umumnya, terdapat empat Langkah yang perlu dilakukan mahasiswa dalam metode ini, yaitu: (a) menerima masalah yang relevan dengan salah satu/beberapa kompetensi yang dituntut mata kuliah dari dosennya; (b) melakukan pencarian data dan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah; (c) menata data dan mengaitkan data dengan masalah; (d) menganalisis strategi pemecahan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut.
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Merupakan proses dan kegiatan untuk menentukan pencapaian kompetensi mahasiswa selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara terpadu untuk mengungkapkan seluruh aspek kemampuan mahasiswa baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap/nilai-nilai. Penilaian pembelajaran mencakup penilaian terhadap proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
- Penilaian Proses Pembelajaran
Penilaian proses pembelajaran dimaksudkan untuk mengungkapkan performan dan kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran dapat dilakukan dengan pengamatan, keaktifan mahasiswa, atau cara lainnya. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan dengan cara memberikan tes atau non tes. Bentuk penilaian hasil belajar dapat berbentuk tes, pengamatan, keaktifan mahasiswa, makalah/portofolio.
- Waktu Penilaian
Penilaian hasil belajar dilakukan dalam rentang waktu tengah semester dan satu semester.
- Norma Penilaian
Penilaian akhir hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam bentuk nilai huruf yang dikonversikan dari nilai angka dengan kategori sebagai berikut :
Skor | Nilai Huruf | Bobot | Keterangan |
80 – 100 | A | 4,00 | LULUS |
75 – 79 | B+ | 3,50 | LULUS |
70 – 74 | B | 3,00 | LULUS |
65 – 69 | C+ | 2,50 | LULUS |
56 – 64 | C | 2,00 | LULUS |
40 – 55 | D | 1,00 | TIDAK LULUS |
0 – 39 | E | 0,00 | GAGAL |
- Penentuan Hasil Studi
- Penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berfungsi untuk mengevaluasi kemajuan dan kemampuan mahasiswa dalam mencapai kompetensi yang dinyatakan dengan Indek Prestasi (IP).
- Penetapan IP dilakukan pada tiap akhir semester yang disebut IP Semester, sedangkan IP seluruh hasil belajar yang ditempuh disebut Indek Prestasi Komulatif (IPK).
- Predikat Kelulusan
Mahasiswa yang lulus apabila memperoleh IPK minimal atau paling kurang 2,00. Untuk penyebutan kelulusan berdasarkan aturan sebagai berikut :
No. | IPK | Predikat |
1. | 2,00 – 2,50 | Cukup |
2. | 2,51 – 2,75 | Baik |
3. | 2,76 – 3,00 | Memuaskan |
4. | 3,01 – 3,50 | Sangat Memuaskan |
5. | 3,51 – 4,00 | Pujian |
- Ketentuan Lain
Untuk dapat mengikuti UAS, mahasiswa wajib hadir kuliah 75% dari 16 kali tatap muka.
G. SARANA DAN PRASARANA PERKULIAHAN
- Standar Prasarana
- Standar lahan STIT Darul Hijrah Martapura berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Hijrah yang nyaman dan sehat untuk menunjang proses pembelajaran.
- Bangunan perguruan tinggi harus memenuhi persyaratan keselamatan, Kesehatan, kenyamanan, dan keamanan serta dilengkapi dengan instalasi listrik yang berdaya memadai.
- Standar Sarana dan Prasarana
- Gedung Pengajaran
Gedung pengajaran merupakan sentral kegiatan bagi STIT Darul Hijrah Martapura. Gedung pengajaran STIT Darul Hijrah Martapura terdiri atas beberapa bagian, yaitu :
- Lantai 1 merupakan ruangan bagian administrasi, ruangan pimpinan STIT Darul Hijrah Martapura, ruangan dosen, dan perpustakaan.
- Lantai 2 merupakan ruangan perkuliahan.
- Gedung Perkuliahan
STIT Darul Hijrah Martapura memiliki 1 gedung perkuliahan. Seluruh ruangan dilengkapi dengan kursi dan whiteboard untuk perkuliahan.
- Perpustakaan
STIT Darul Hijrah Martapura sudah memiliki sebuah perpustakaan, namun koleksinya masih sangat terbatas.
- Perlengkapan/Peralatan
Pelaksanaan kerja STIT Darul Hijrah Martapura didukung oleh perlengkapan/peralatan yang disediakan dan diperbaharui secara periodic oleh pengelola STIT Darul Hijrah Martapura. Di antaranya, computer, soundsystem, LCD, lemari-lemari arsip, dan lainnya.
- System Keuangan STIT Darul Hijrah Martapura
- Biaya Operasional
Biaya operasional pembelajaran STIT Darul Hijrah Martapura adalah bagian dari biaya pelaksanaan kegiatan Pendidikan yang mencakup biaya dosen, biaya tenaga kependidikan, biaya bahan operasional pembelajaran, dan biaya operasional tidak langsung.
- Penyusunan RAPB
Standar satuan biaya operasional Pendidikan tinggi di STIT Darul Hijrah Martapura menjadi dasar bagi pimpinan STIT Darul Hijrah untuk Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja (RAPB) perguruan tinggi tahunan dan menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa STIT Darul Hijrah Martapura.
H. SISTEM PENJAMINAN MUTU
Standar Penjaminan Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengacu pada Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan tinggi yang terdiri dari 8 (delapan) standar, yaitu :
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER
RPS PANCASILA
RPS FILSAFAT ILMU
RPS ISLAM DAN SAINS
RPS BAHASA INDONESIA
RPS AKIDAH ISLAM (TAUHID)
RPS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
RPS HADITS TARBAWI
RPS TAFSIR TARBAWI
RPS SHARF I
RPS ILMU BALAGHAH I
RPS QAWA’ID IMLA
RPS TARIKH AL-‘ULUM AL-‘ARABIYAH
RPS PENGANTAR STUDI ISLAM
RPS PSIKOLOGI UMU
RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
RPS SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
RPS USHUL FIQH DAN FIQH
RPS PENDIDIKAN AKHLAK (TASAWUF)
RPS STATISTIK PENDIDIKAN
RPS SOSIOLOGI PENDIDIKAN
RPS ILMU BALAGHAH II
RPS SHARF II
RPS NAHWU I
RPS MAHARAH AL-ISTIMA’ I
RPS PSIKOLOGI PENDIIDIKAN
RPS BAHASA INGGRIS
RPS BIMBINGAN KONSELING
RPS MANAJEMEN PENDIDIKAN
RPS KEWIRAUSAHAAN
RPS PENDIDIKAN INKLUSI
RPS ILMU PENDIDIKAN ISLAM
RPS PROFESI KEGURUAN
RPS MAHARAH AL-ISTIMA’ II
RPS NAHWU II
RPS MAHAEAH AL-QIRA’AH I
RPS MAHARAH AL-KALAM I
RPS MAHARAH AL-QIRA’AH II
RPS MAHARAH AL-KALAM II
RPS NAHWU III
RPS MAHARAH AL-KITABAH I
RPS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I
RPS TARJAMAH I
RPS BAHASA ARAB MODERN I
RPS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
RPS MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
RPS STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
RPS EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
RPS AL-‘ARABIYAH LI AL-AGHRADH AL-KHASH
RPS MAHARAH AL-QIRA’AH III
RPS MAHARAH AL-KALAM III
RPS MAHARAH AL-KITABAH II
RPS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB II
RPS TARJAMAH II
RPS ILMU LUGHAH
RPS FIQH LUGHAH
RPS BAHASA ARAB MODERN II
RPS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB
RPS PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB
RPS TADRIBAT AL-LUGHAWIYAH WA AN-NAHWIYAH
RPS ILMU LUGHAH AN-NAFSIY
RPS ILMU LUGHAH AL-IJTIMA’I
RPS METODE PENELITIAN (UMUM)
RPS METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN BAHASA
RPS MAHARAH AL-KITABAH III
RPS USLUB KITABAH AR-RISALAH ILMIAH
RPS PPL I
RPS SEMINAR PROPOSAL
PEDOMAN PPL DAN KKN
PEDOMAN SKRIPSI