Kurikulum

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas rahmat dan karunia-Nya, penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura dapat diselesaikan. Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada seluruh civitas akademika, baik structural, fungsional, dosen, mahasiswa, maupun karyawan dan semua pihak atas dukungan yang diberikan dalam penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura.

Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini merupakan struktur mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa sarjana pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang menggambarkan proses perkembangan dan rencana pencapaian visi dan misi di masa yang akan dating yang disusun berdasarkan capaian profil lulusan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mencakup parameter deskripsi umum (sikap religious, dan sosial), kemampuan bidang kerja, pengetahuan, manajerial serta tanggung jawab.

Berbagai saran dan kritik serta masukan yang mengarah pada perbaikan sangat kami harapkan. Semoga Kurkulum Berbasis KKNI ini dapat menjadi jembatan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu diterima. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim penyusun dan semua pihak yang telah membantu terselesaikannya Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

 

 

 

 

Tim Penyusun.

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

GAMBARAN UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 1

  1. SEJARAH PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 1
  2. VISI MISI DAN TUJUAN STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA.. 1
  3. VISI MISI DAN TUJUAN PRODI PBA STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA.. 2
  4. TENAGA PENGAJAR.. 3

PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.. 5

  1. LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN KURIKULUM… 5
  2. LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM… 6
  3. MAKSUD DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM… 7
  4. STRUKTUR KURIKULUM… 7
  5. PROFIL LULUSAN.. 7
  6. DESKRIPSI LEVEL 6 (S1) PADA KKNI. 8
  7. CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME). 10
  8. PEMETAAN BAHAN KAJIAN.. 15
  9. KODE MATA KULIAH.. 17
  10. PENGEMASAN MATA KULIAH, BOBOT SKS, DAN KODE MATA KULIAH.. 18
  11. PETA KURIKULUM… 21
  12. SEBARAN MATA KULIAH BERDASARKAN PROFIL LULUSAN.. 22
  13. DISTRIBUSI MATA KULIAH.. 22
  14. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN.. 25
  15. PENILAIAN HASIL BELAJAR.. 29
  16. SARANA DAN PRASARANA PERKULIAHAN.. 31
  17. SISTEM PENJAMINAN MUTU.. 32
  18. RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER.. 33

 

 

 

 

 GAMBARAN UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

A.    SEJARAH PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dibuka pada tahun akademik 2004/2005 yang merupakan realisasi dari rencana dan strategi (RENSTRA) STIT Darul Hijrah tahun 2004. Pembukaan prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada tahun tersebut dititik beratkan pada partisipasi STIT dalam mendukung kebijaksanaan pemerintah tentang pengembangan sumber daya manusia.

Sejalan dengan itu, pengurus Yayasan Pondok Darul Hijrah melalui SK Yayasan Pendidikan Pondok Darul Hijrah No. 003/I.15.2/YPPDH/KP/2004tanggal 11 Maret 2004 telah menetapkan pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan disambut oleh peminat Pendidikan Bahasa Arab dengan penuh antusiasme. Hal ini ditunjukkan dengan animo pendaftaran yang terus meningkat.

Program Studi PBA STIT Darul Hijrah Terakreditasi sebagaimana tertuang dalam SK Nomor : 4316/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017. Berlaku sejak tanggal 07 Nopember 2017 – 07 Nopember 2022.

 

B.     VISI MISI DAN TUJUAN STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA

 

Visi

Unggul, Handal, dan Terdepan dalam pengkajian, pengembangan, dan penerapan ilmu Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Keislaman Tahun 2022.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan program studi Pendidikan akademik dan professional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Mendidik generasi Islam melalui kurikulum dan proses pembelajaran yang professional untuk menghasilkan lulusan yang berkepribadian Tangguh dan kompeten.
  3. Menumbuh-kembangkan suasana akademik yang kondusif, nyaman dengan dukungan fasilitas sarana-prasarana yang representative.
  4. Mengembangkan penelitian Pendidikan Islam dan ilmu keagamaan secara interdisipliner.
  5. Memberi kontribusi bagi kemajuan masyarakat melalui berbagai program pembelajaran, Pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian pada masyarakat.

 

C.     VISI MISI DAN TUJUAN PRODI PBA STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA

 

Visi
Unggul dan kompetitif dalam penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Arab berbasis keislaman Tahun 2022.

 

Penjabaran Visi

Unggul

  1. Memiliki kompetensi dalam hal Pendidikan, kreatif dan inovatif.
  2. Mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sesuai perkembangan zaman.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi khususnya Bahasa asing dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin.

 

Kompetitif

  1. Berdaya saing tinggi
  2. Mampu berkompetisi di tingkat Nasional.
  3. Mampu mengembangkan diri secara keseluruhan.

 

Berbasis Keislaman

“Mengajarkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.”

 

Misi

  1. Mewujudkan tenaga kependidikan dan pengajaran yang profesional dalam bidang Bahasa Arab.
  2. Mengembangkan metodologi pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif.
  3. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan pembelajaran Bahasa Arab.
  4. Meningkatkan upaya-upaya signifikan dalam bidang pengabdian dan kerjasama dengan berbagai institusi penyelenggara pendidikan Bahasa Arab.
  5. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta.
  6. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi keilmuan di bidang Bahasa Arab.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan guru bidang pendidikan Bahasa Arab yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas di bidangnya.
  2. Menyiapkan peneliti dalam bidang pengembangan Bahasa Arab.
  3. Menyiapkan pengkaji hukum Islam dari sumbernya yang asli (kitab-kitab turats)

 

D.    TENAGA PENGAJAR

 

No. Nama Dosen NIDN Pendidikan Pascasarjana Bidang Keahlian Jabatan Akademik Sertifikat Pendidikan Profesional
1. Prof. Dr. H. A. Athaillah, M.Ag 9921011740 Guru Besar Pengkajian Islam Tafsir Guru Besar
2. H. Samsul Bahri, S.Ag., MA 2102077001 Magister Pendidikan Bahasa Arab Nahwu Lektor 192222019520021
3. Anida Yuspa, M.Pd 2124078402 Magister Pendidikan Bahasa Arab Maharah Qira’ah Lektor 172222011520002
4. Mahridawati, M.Hum 2115058903 Magister Ilmu Bahasa Arab Maharah Kitabah Lektor
5. Midi HS, M.Pd 2103058901 Magister Pendidikan Bahasa Arab Thuruq Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah Asisten Ahli
6. Mar-a Rabbi Radliyya, M.Pd.I 2114019101 Magister Pendidikan Bahasa Arab Maharah Istima’ Asisten Ahli
7. Mursyidatul Awaliyah, M.Pd 2108079203 Magister Pendidikan Bahasa Arab Ilmu Balaghah Asisten Ahli
8. Awad, MA 2117058301 Magister Pemikiran Islam Pancasila Lektor 192222017210027
9. Dr. M. Anshari, S.Th.I.,  M.H.I 2113048701 Magister Hukum Islam Syariah Lektor
10. Rusma Yulidawati, M.Pd.I 2101028802 Magister Pendidikan Manajemen Pendidikan Asisten Ahli
11. Yunizar Ramadhani, S.Fil.I., M.Pd 2111068401 Magister Pendidikan Psikolinguistik Asisten Ahli

 

PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

 

A.      LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN KURIKULUM

Pengembangan kurikulum adalah hak perguruan tinggi sebagaimana yang dijamin Undang-Undang Perguruan Tinggi Tahun 2012 dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan tinggi, kurikulum adalah strategi yang terprogram untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan (capaian pembelajaran), intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan yang ditetapkan. Perubahan kurikulum perguruan tinggi dari KBK menjadi KKNI di Indonesia disebabkan tidak adanya parameter ukur untuk menilai apakah program studi jenjang Pendidikan yang satu lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Selain itu, di dalam KBK tidak memuat adanya deskripsi sikap dan tata nilai. Sementara itu, capaian pembelajaran pada KKNI menguraikan deskripsi sikap, tata nilai, kemampuan pengetahuan, tanggung jawab dan hak dengan pernyataan yang ringkas.

Dengan adanya KKNI ini, diharapkan dapat mengubah cara pandang kompetensi seseorang dengan tidak lagi memandang ijazah tetapi lebih dari pada itu melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil Pendidikan seseorang baik formal, non formal atau in formal. Hal itu lah yang melatar belakangi perumusan ulang kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura.

 

B.       LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

Pengembangan kurikulum S1 Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura dilandasi oleh nilai-nilai teologis, filosofis, kultural, sosiologis, psikologis, dan kebijakan-kebijakan dalam perundang-undangan sebagai berikut :

  1. Landasan Teologis

Pendidikan yang dikembangkan adalah Pendidikan yang berasaskan Al-Qur’an.

  1. Landasan Filosofis

Kurikulum yang dibangun adalah kurikulum yang inklusif yang tidak menganggap kebenaran tunggal yang hanya didapat dari satu sumber, namun menghargai kebenaran yang berasal dari sumber lain yang beragam.

  1. Landasan Kultural

Kurikulum yang diterapkan harus berbasis pada perpaduan antara globalisme dan universalisme, lokalisme dan partikularisme guna pengembangan keagamaan dan keilmuan.

  1. Landasan Sosiologis

Kurikulum berdasarkan pada keberagaman suku bangsa, budaya, dan agama sehingga melahirkan lulusan yang mampu menyelesaikan masalah di masyarakat.

  1. Landasan Psikologis

Kurikulum yang diarahkan untuk mengembangkan kepribadian yang memiliki keterampilan sosial yang baik dan memiliki etos kerja tinggi.

  1. Landasan Yuridis
  2. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  4. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  5. Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  6. Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

C.       MAKSUD DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

Penyusunan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura merupakan tindak lanjut dari implementasi terhadap Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 serta Permendikbud RI Nomor 73 Tahun 2013. Tujuannya adalah tersusunnya dokumen kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mengacu pada KKNI, mulai dari Latar Belakang, Landasan, Visi dan Misi, Tujuan, dan seterusnya. Dengan disusunnya dokumen kurikulum ini, maka diharapkan kurikulum ini dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kualitas, melahirkan output yang unggul di bidangnya dengan kompetensi yang dimilikinya mampu memenuhi kualifikasi untuk bekerja dalam berbagai bidang kerja, seperti Guru, Peneliti bidang Pendidikan, wirausaha, dan lain-lain.

 

D.      STRUKTUR KURIKULUM

1.      PROFIL LULUSAN

NO. PROFIL DESKRIPTOR
1. Pendidik Bahasa Arab Menjadi pendidik Bahasa Arab yang memiliki kemampuan pedagogik yang berlandaskan nilai-nilai keislaman, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif dan inovatif melalui perkuliahan, praktikum, praktek lapangan dengan professional.
2. Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab Menjadi peneliti bidang Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab yang mampu melakukan penelitian tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan penerbitan berkala melalui jurnal ilmiah.
3. Wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab Menjadi wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang mampu mengelola bimbingan belajar dan mengadakan bahan ajar/sumber belajar melalui perkuliahan dengan professional.

 

2.      DESKRIPSI LEVEL 6 (S1) PADA KKNI

DESKRIPSI UMUM
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi system Pendidikan nasional dan system pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut :

1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2.      Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;

3.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;

4.      Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;

5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat orang lain;

6.      Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 JENJANG SARJANA (S1) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Deskripsi Generik level 6 (Paragraf Pertama)

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan Ipteks pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Deskripsi Spesifik

1.      Mampu memanfaatkan IPTEK yang relevan dalam lingkup Pendidikan Bahasa Arab yaitu dalam pembuatan perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab.

2.      Mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian problematika pembelajaran Bahasa Arab.

3.      Mampu Menyusun perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Deskripsi generik level 6 (Paragraf Kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara procedural.

Deskripsi Spesifik

1.      Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Bahasa Arab, keilmuan Pendidikan dan pedagogik.

2.      Menguasai substansi kajian (konten) Bahasa Arab dan Pendidikan secara mendalam.

Deskripsi generik level 6 (Paragraf Ketiga)

Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi Spesifik

1.      Mampu menunjukkan dedikasi yang tinggi pada berbagai bidang pekerjaan Pendidikan Bahasa Arab pada Lembaga-lembaga Pendidikan dan instansi yang menangani Pendidikan.

2.      Memiliki tanggung jawab secara keilmuan dalam konten Pendidikan Bahasa Arab.

 

3.      CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2014, maka Kompetensi Lulusan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab dirumuskan sebagai berikut :

 

Ranah Capaian Pembelajaran
Sikap 1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;

2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

4.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain;

6.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

7.      Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

8.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

9.      Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

10.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

11.  Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan local dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

Keterampilan Umum 1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3.      Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4.      Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7.      Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

8.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.      Mampu mendokumentasikan, meyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus 1.      Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan, berpikir kritis, kreatif dan penyelesaian masalah

2.      Mampu mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah sesuai standar isi, proses, dan penilaian

3.      Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia.

4.      Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran Bahasa Arab, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada, serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing.

Pengetahuan 1.      Mampu menguasi konsep teoritis tentang teori Pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogic Bahasa Arab, metodologi pembelejaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran

2.      Mampu menguasai konsep teoritis Bahasa Arab

3.      Mampu menguasai dasar-dasar metode ilmiah dalam pembelajaran Bahasa Arab

 

4.      PEMETAAN BAHAN KAJIAN

NO. CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHAN KAJIAN
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya Pedagogik, penelitian, pengetahuan Bahasa Arab, Praktek Pendidikan
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Pedagogik, penelitian, pengetahuan Bahasa Arab, praktek Pendidikan
3. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di aats dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Penelitian
4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data Pedagogik, penelitian Pendidikan Bahasa Arab
5. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya Profesi keguruan
6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri Pedagogik, pengetahuan Bahasa Arab, Profesi keguruan
7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi Penelitian
8. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan berpikir krtiis, kreatif, dan penyelesaian masalah Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab
9. Mampu mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah sesuai standar isis, proses, dan penilaian Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab
10. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia Pedagogik, Pendidikan Bahasa Arab
11. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran Bahasa Arab, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori temuan penelitian yang ada; serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing Pedagogik, penelitian, Pendidikan Bahasa Arab
12. Menguasai konsep teoritis tentang Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Arab
13. Menguasai konsep teoritis tentang teori Pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogic, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab Pedagogik
14. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah Penelitian

 

5.      KODE MATA KULIAH

Kode mata kuliah terdiri dari tiga dan empat huruf dan empat digit angka. Tiga dan empat huruf menunjukkan mata kuliah tersebut termasuk komponen universitas, fakultas, dan program studi.

  1. Keterangan Kode

INS : Menunjukkan mata kuliah komponen universitas yang tercantum dalam kurikulum nasional dan wajib diambil oleh semua mahasiswa.

STIT : Menunjukkan mata kuliah komponen fakultas yang tercantum dalam kurikulum nasional dan wajib diambil oleh semua mahasiswa.

PBA : Menunjukkan mata kuliah komponen program studi Pendidikan Bahasa Arab yang tercantum dalam kurikulum nasional dan kurikulum local dan wajib diambil oleh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab.

  1. Keterangan Angka

Digit pertama dimulai dengan angka 0 secara runtut sesuai dengan jumlah matakuliah yang tersaji di komponen universitas.

Digit kedua dengan angka 1 menunjukkan mata kuliah komponen fakultas secara runtut.

Digit kedua dengan angka 2 menunjukkan mata kuliah komponen program studi secara runtut.

 

6.      PENGEMASAN MATA KULIAH, BOBOT SKS, DAN KODE MATA KULIAH

 

Mata kuliah Nasional

No. Kode Mata Kuliah Sks Nama Mata Kuliah
1. INS 0001 2 Pancasila
2. INS 0002 2 Kewarganegaraan
3. INS 0003 2 Bahasa Indonesia
4. INS 0004 2 Bahasa Inggris
5. INS 0005 2 Filsafat Ilmu
6. INS 0006 2 Psikologi Umum
7. INS 0007 2 Islam dan Sains
8. INS 0008 4 KKN
9. INS 0009 6 Skripsi

 

Mata kuliah Fakultas

No. Kode Mata Kuliah Sks Nama Mata Kuliah
1. STIT 0110 2 Manajemen Pendidikan
2. STIT 0111 2 Bimbingan Konseling
3. STIT 0112 2 Filsafat Pendidikan Islam
4. STIT 0113 2 Pengantar Studi Islam
5. STIT 0114 2 Akidah Islam (Tauhid)
6. STIT 0115 2 Ushul Fiqh dan Fiqh
7. STIT 0116 2 Psikologi Pendidikan
8. STIT 0117 2 Hadits Tarbawi
9. STIT 0118 2 Tafsir Tarbawi
10. STIT 0119 2 Pendidikan Akhlak (Tasawuf)
11. STIT 0120 2 Sejarah Pendidikan Islam
12. STIT 0121 2 Statistik Pendidikan
13. STIT 0122 2 Ilmu Pendidikan Islam
14. STIT 0123 2 PPL 1
15. STIT 0124 2 Profesi Keguruan
16. STIT 0125 2 Kewirausahaan
17. STIT 0126 2 Sosiologi Pendidikan
18. STIT 0127 2 Pendidikan Inklusi
19. STIT 0128 2 PPL 2

 

Mata kuliah Program Studi

No. Kode Mata Kuliah Sks Nama Mata Kuliah
1. PBA 0229 2 Maharah Al-Istima’ I
2. PBA 0230 2 Maharah Al-Istima’ II
3. PBA 0231 2 Maharah Al-Kalam I
4. PBA 0232 2 Maharah Al-Kalam II
5. PBA 0233 2 Maharah Al-Kalam III
6. PBA 0234 2 Maharah Al-Qira’ah I
7. PBA 0235 2 Maharah Al-Qira’ah II
8. PBA 0236 2 Maharah Al-Qira’ah III
9. PBA 0237 2 Maharah Al-Kitabah I
10. PBA 0238 2 Maharah Al-Kitabah II
11. PBA 0239 2 Maharah Al-Kitabah III
12. PBA 0240 2 Nahwu I
13. PBA 0241 2 Nahwu II
14. PBA 0242 2 Nahwu III
15. PBA 0243 2 Sharf I
16. PBA 0244 2 Sharf II
17. PBA 0245 2 Ilmu Balaghah I
18. PBA 0246 2 Ilmu Balaghah II
19. PBA 0247 2 Metode Pembelajaran Bahasa Arab I
20. PBA 0248 2 Metode Pembelajaran Bahasa Arab II
21. PBA 0249 2 Tarjamah I
22. PBA 0250 2 Tarjamah II
23. PBA 0251 2 Bahasa Arab Modern I
24. PBA 0252 2 Bahasa Arab Modern II
25. PBA 0253 2 Ilmu Lughah
26. PBA 0254 2 Ilmu Lughah Al-Ijtima’i
27. PBA 0255 2 Ilmu Lughah An-Nafsiy
28. PBA 0256 2 Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab
29. PBA 0257 2 Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab
30. PBA 0258 2 Qawaid Al-Imla
31. PBA 0259 2 Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab
32. PBA 0260 2 Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab
33. PBA 0261 2 Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab
34. PBA 0262 2 Strategi Pembelajaran Bahasa Arab
35. PBA 0263 2 Fiqh Lughah
36. PBA 0264 2 Metode Penelitian (Umum)
37. PBA 0265 2 Metode Penelitian Pendidikan dan Bahasa
38. PBA 0266 2 Tadribat Al-Lughawiyyah wa An-Nahwiyyah
39. PBA 0267 2 Seminar Proposal
40. PBA 0268 2 Tarikh Al-‘Ulum Al-‘Arabiyyah
41. PBA 0269 2 Al-‘Arabiyyah Li Al-Aghradh Al-Khashah
42. PBA 0270 2 Uslub Kitabah Ar-Risalah ‘Ilmiah

 

7.      PETA KURIKULUM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.      SEBARAN MATA KULIAH BERDASARKAN PROFIL LULUSAN

NO. PROFIL MATA KULIAH
1. Pendidik Bahasa Arab Profesi Keguruan, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Startegi Pembelajaran Bahasa Arab, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab, Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab, Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab, Maharah Lughawiyyah,
2. Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab Pendidikan Inklusi, Metode Penelitian, Metode Penelitian Pendidikan, dan Bahasa, PPL
3. Wirausahawan dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab, Kewirausahaan

 

9.      DISTRIBUSI MATA KULIAH

Smt Matakuliah Kode Matakuliah SKS Prasyarat
I PANCASILA INS 0001 2  
  FILSAFAT ILMU INS 0005 2  
  ISLAM DAN SAINS INS 0007 2  
  BAHASA INDONESIA INS 0003 2  
  AKIDAH ISLAM (TAUHID) STIT 0114 2  
  FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM STIT 0112 2  
  HADITS TARBAWI STIT 0117 2  
  TAFSIR TARBAWI STIT 0118 2  
  SHARF I PBA 0243 2  
  ILMU BALAGHAH I PBA 0245 2  
  QAWA’ID AL-IMLA PBA 0258 2  
  TARIKH AL-ULUM AL-‘ARABIYYAH PBA 0268 2  
  Jumlah   24  
II PENGANTAR STUDI ISLAM STIT 0113 2  
  PSIKOLOGI UMUM INS 0006 2  
  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INS 0002 2  
  SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM STIT 0120 2  
  USHUL FIQH DAN FIQH STIT 0115 2  
  PENDIDIKAN AKHLAK (TASAWUF) STIT 0119 2  
  STATISTIK PENDIDIKAN STIT 0121 2  
  SOSIOLOGI PENDIDIKAN STIT 0126 2  
  ILMU BALAGHAH II PBA 0246 2 ILMU BALAGHAH I
  SHARF II PBA 0244 2 SHARF I
  NAHWU I PBA 0240 2  
  MAHARAH AL-ISTIMA’ I PBA 0229 2  
  Jumlah   24  
III PSIKOLOGI PENDIDIKAN STIT 0116 2  
  BAHASA INGGRIS INS 0004 2  
  BIMBINGAN KONSELING STIT 0111 2  
  MANAJEMEN PENDIDIKAN STIT 0110 2  
  KEWIRAUSAHAAN STIT 0125 2  
  PENDIDIKAN INKLUSI STIT 0127 2  
  ILMU PENDIDIKAN ISLAM STIT 0122 2  
  PROFESI KEGURUAN STIT 0124 2  
  MAHARAH AL-ISTIMA’ II PBA 0230 2 MAHARAH AL-ISTIMA’ I
  NAHWU II PBA 0241 2 NAHWU I
  MAHARAH AL-QIRA’AH I PBA 0234 2  
  MAHARAH AL-KALAM I PBA 0231 2  
  Jumlah   24  
IV MAHARAH AL-QIRA’AH II PBA 0235 2 MAHARAH AL-QIRA’AH I
  MAHARAH AL-KALAM II PBA 0232 2 MAHARAH AL-KALAM I
  NAHWU III PBA 0242 2 NAHWU II
  MAHARAH AL-KITABAH I PBA 0237 2  
  METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I PBA 0247 2  
  TARJAMAH I PBA 0249 2  
  BAHASA ARAB MODERN I PBA 0251 2  
  PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 0260 2  
  MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 0259 2  
  STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 0262 2  
  EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 0261 2  
  AL-‘ARABIYYAH LI AL-AGHRADH AL-KHASH PBA 0269 2  
  Jumlah   24  
V MAHARAH AL-QIRA’AH III PBA 0236 2 MAHARAH AL-QIRA’AH II
  MAHARAH AL-KALAM III PBA 0233 2 MAHARAH AL-KALAM II
  MAHARAH AL-KITABAH II PBA 0238 2 MAHARAH AL-KITABAH I
  METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB II PBA 0248 2 METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I
  TARJAMAH II PBA 0250 2 TARJAMAH I
  ILMU LUGHAH PBA 0253 2  
  FIQH LUGHAH PBA 0263 2  
  BAHASA ARAB MODERN II PBA 0252 2 BAHASA ARAB MODERN I
  PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB PBA 0257 2  
  PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB PBA 0256 2  
  TADRIBAT AL-LUGHAWIYYAH WA AN-NAHWIYYAH PBA 0266 2  
  Jumlah   22  
VI ILMU LUGHAH AN-NAFSIY PBA 0255 2  
  ILMU LUGHAH AL-IJTIMA’I PBA 0254 2  
  METODE PENELITIAN (UMUM) PBA 0264 2  
  METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA PBA 0265 2  
  MAHARAH AL-KITABAH III PBA 0239 2 MAHARAH AL-KITABAH II
  USLUB KITABAH AR-RISALAH ILMIAH PBA 0270 2  
  PPL I STIT 0123 2  
  SEMINAR PROPOSAL PBA 0267 2  
  Jumlah   16  
VII PPL II STIT 0128 2 PPL I
  KKN INS 0008 4  
  Jumlah   6  
VIII SKRIPSI INS 0009 6  
  Jumlah   6  
  Total Seluruh SKS   146  

 

E.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pembelajaran yang berlangsung di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIT Darul Hijrah Martapura menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).

  1. Karakteristik Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
  2. Mahasiswa secara aktif terlibat di dalam mengelola pengetahuan
  3. Tidak hanya menekankan pada penguasaan materi tetapi juga dalam mengembangkan karakter mahasiswa
  4. Memanfaatkan banyak media (multimedia)
  5. Fungsi dosen sebagai fasilitator dan evaluasi dilakukan Bersama dengan mahasiswa
  6. Untuk pengembangan ilmu dengan pendekatan interdisipliner
  7. Iklim yang dikembangkan lebih bersifat kolaboratif, suportif, dan kooperatif
  8. Mahasiswa dan dosen belajar bersama di dalam mengembangkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan
  9. Mahasiswa dapat belajar tidah hanya melalui perkuliahan tetapi dapat menggunakan berbagai media dan kegiatan ekstrakurikuler
  10. Penekanan pada pencapaian kompetensi peserta didik dan bukan tuntasnya materi
  11. Penekanan pada bagaimana cara mahasiswa dapat belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar, metode interdisipliner, dan penekanan pada problem based learning dan skills
  12. Pola pembelajaran berpusat pada mahasiswa (SCL) diharapkan dapat menghantarkan mahasiswa untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Konsekuensi dosen hanya sebagai fasilitator dan motivator dengan menyediakan beberapa strategi belajar yang memungkinkan mahasiswa (Bersama dosen) memilih, menemukan dan Menyusun pengetahuan serta cara mengembangkan keterampilannya (method of inquiry and discovery).

  1. Proses Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)

Dalam proses pembelajaran SCL, dosen masih memiliki peran penting, sebagai berikut :

  1. Bertindak sebagai fasilitator dan motivator
  2. Mengkaji kompetensi mata kuliah yang perlu dikuasai mahasiswa di akhir pembelajaran
  3. Merancang strategi dan lingkungan pembelajaran dengan menyediakan berbagai pengalaman belajar yang diperlukan mahasiswa dalam rangka mencapai kompetensi yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu
  4. Membantu mahasiswa mengakses informasi, menata dan memprosesnya untuk dimanfaatkan dalam memecahkan permasalahan nyata
  5. Mengidentifikasi dan menentukan pola penilaian hasil belajar mahasiswa yang relevan dengan kompetensinya.

Sementara itu, peran yang harus dilakukan mahasiswa dalam pembelajaran SCL adalah :

  1. Mengkaji kompetensi mata kuliah yang dipaparkan dosen
  2. Mengkaji strategi pembelajaran yang ditawarkan dosen
  3. Membuat rencana pembelajaran untuk mata kuliah yang diikutinya
  4. Belajar secara aktif (dengan cara mendengar, membaca, menulis, diskusi, dan terlibat dalam kegiatan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi) baik secara individu maupun berkelompok
  5. Mengoptimalkan kemampuan dirinya.
  6. Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)

Terdapat beragam metode pembelajaran untuk SCL. Beberapa alternatif metode berikut dapat menjadi bahan pertimbangan, di antaranya adalah :

  1. Small Group Discussion

Diskusi adalah salah satu elemen belajar secara aktif dan merupakan bagian dari banyak model pembelajaran SCL yang lain. Mahasiswa peserta kuliah diminta membuat kelompok kecil (5 sampai 10 orang) untuk mendiskusikan bahan yang diberikan oleh dosen atau bahan yang diperoleh sendiri oleh anggota kelompok tersebut. Dengan aktivitas kelompok kecil mahasiswa dapat belajar : (a) menjadi pendengar yang baik; (b) bekerjasama untuk tugas Bersama; (c) memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif; (d) menghormati perbedaan pendapat; (e) mendukung pendapat dengan bukti; (f) menghargai sudut pandang yang bervariasi (gender, budaya, dan lain-lain). Adapun aktivitas diskusi kelompok kecil dapat berupa : (a) membangkitkan ide; (b) menyimpulkan point penting; (c) mengakses tingkat skill dan pengetahuan; (d) mengkaji kembali topik di kelas sebelumnya; (e) menelaah Latihan, quiz, tugas menulis; (f) memproses outcome pembelajaran pada akhir kelas; (g) memberi komentar tentang jalannya kelas; (h) membandingkan teori, isu, dan interpretasi; (i) menyelesaikan masalah; (j) brainstorming.

  1. Simulasi/Demonstrasi

Simulasi adalah model yang membawa situasi yang mirip dengan sesungguhnya ke dalam kelas. Misalnya mempraktekkan kemampuan umum (komunikasi verbal dan non verbal), mempraktekkan kemampuan khusus, mempraktekkan kemampuan tim, mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving), mengembangkan kemampuan empati.

  1. Discovery Learning

Discovery Learning adalah metode belajar yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yang diberikan dosen maupun yang dicari sendiri oleh mahasiswa, untuk membangun pengetahuan dengan cara belajar mandiri.

  1. Self-Directed Learning

SDL adalah proses belajar yang dilakukan atas inisiatif individu mahasiswa sendiri. Dalam hal ini, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terhadap pengalaman belajar yang telah dijalani, dilakukan semuanya oleh individu yang bersangkutan. Sementara dosen hanya bertindak sebagai fasilitator yang memberi arahan, bimbingan, dan konfirmasi terhadap kemajuan belajar yang telah dilakukan individu mahasiswa tersebut. Metode belajar ini bermanfaat untuk menyadarkan dan memberdayakan mahasiswa bahwa belajar adalah tanggung jawab mereka sendiri. Prinsip yang digunakan dalam SDL adalah : (a) pengalaman merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat; (b) kesiapan belajar merupakan tahap awal menjadi pembelajar mandiri; (c) orang dewasa lebih tertarik belajar dari permasalahan dari pada dari isi mata kuliah. Dalam hal ini, dosen dan mahasiswa harus memiliki semangat yang saling melengkapi dalam melakukan pencarian pengetahuan.

  1. Cooperative Learning

CL adalah metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas. Kelompok ini terdiri atas beberapa orang mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang beragam. Metode ini sangat terstruktur karena pembentukan kelompok, materi yang dibahas, Langkah-langkah diskusi serta produk akhir yang harus dihasilkan, semuanya ditentukan dan dikontrol oleh dosen. Mahasiswa dalam hal ini hanya mengikuti prosedur diskusi yang dirancang oleh dosen. Pada dasarnya, CL merupakan perpaduan antara teacher-centered dan student-centered learning. CL bermanfaat untuk membantu menumbuhkan dan mengasah : (a) kebiasaan belajar aktif pada diri mahasiswa; (b) rasa tanggung jawab individu dan kelompok mahasiswa; (c) kemampuan dan keterampilan bekerjasama antar mahasiswa; dan (d) keterampilan sosial mahasiswa.

  1. Collaborative Learning

CbL adalah metode belajar yang menitikberatkan pada Kerjasama antar mahasiswa yang didasarkan pada consensus yang dibangun sendiri oleh anggota kelompok. Masalah/tugas/kasus memang berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui consensus Bersama antar anggota kelompok.

  1. Contextual Instruction

Adalah konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan memotivasi mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat. Pada intinya, metode ini memanfaatkan pengetahuan dosen dan mahasiswa secara Bersama-sama, untuk mencapai kompetensi yang dituntut oleh mata kuliah, serta memberikan kesempatan pada semua orang yang terlibat dalam pembelajaran satu sama lain.

  1. Project-Based Learning

Adalah metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang Panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati.

  1. Problem-Based Learning

Problem Based Learning adalah belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Pada umumnya, terdapat empat Langkah yang perlu dilakukan mahasiswa dalam metode ini, yaitu: (a) menerima masalah yang relevan dengan salah satu/beberapa kompetensi yang dituntut mata kuliah dari dosennya; (b) melakukan pencarian data dan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah; (c) menata data dan mengaitkan data dengan masalah; (d) menganalisis strategi pemecahan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

F.      PENILAIAN HASIL BELAJAR

Merupakan proses dan kegiatan untuk menentukan pencapaian kompetensi mahasiswa selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara terpadu untuk mengungkapkan seluruh aspek kemampuan mahasiswa baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap/nilai-nilai. Penilaian pembelajaran mencakup penilaian terhadap proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

  1. Penilaian Proses Pembelajaran

Penilaian proses pembelajaran dimaksudkan untuk mengungkapkan performan dan kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran dapat dilakukan dengan pengamatan, keaktifan mahasiswa, atau cara lainnya. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan dengan cara memberikan tes atau non tes. Bentuk penilaian hasil belajar dapat berbentuk tes, pengamatan, keaktifan mahasiswa, makalah/portofolio.

  1. Waktu Penilaian

Penilaian hasil belajar dilakukan dalam rentang waktu tengah semester dan satu semester.

  1. Norma Penilaian

Penilaian akhir hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam bentuk nilai huruf yang dikonversikan dari nilai angka dengan kategori sebagai berikut :

Skor Nilai Huruf Bobot Keterangan
80 – 100 A 4,00 LULUS
75 – 79 B+ 3,50 LULUS
70 – 74 B 3,00 LULUS
65 – 69 C+ 2,50 LULUS
56 – 64 C 2,00 LULUS
40 – 55 D 1,00 TIDAK LULUS
0 – 39 E 0,00 GAGAL

 

  1. Penentuan Hasil Studi
  2. Penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berfungsi untuk mengevaluasi kemajuan dan kemampuan mahasiswa dalam mencapai kompetensi yang dinyatakan dengan Indek Prestasi (IP).
  3. Penetapan IP dilakukan pada tiap akhir semester yang disebut IP Semester, sedangkan IP seluruh hasil belajar yang ditempuh disebut Indek Prestasi Komulatif (IPK).

 

  1. Predikat Kelulusan

Mahasiswa yang lulus apabila memperoleh IPK minimal atau paling kurang 2,00. Untuk penyebutan kelulusan berdasarkan aturan sebagai berikut :

No. IPK Predikat
1. 2,00 – 2,50 Cukup
2. 2,51 – 2,75 Baik
3. 2,76 – 3,00 Memuaskan
4. 3,01 – 3,50 Sangat Memuaskan
5. 3,51 – 4,00 Pujian

 

  1. Ketentuan Lain

Untuk dapat mengikuti UAS, mahasiswa wajib hadir kuliah 75% dari 16 kali tatap muka.

 

G.    SARANA DAN PRASARANA PERKULIAHAN

 

  1. Standar Prasarana
  2. Standar lahan STIT Darul Hijrah Martapura berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Hijrah yang nyaman dan sehat untuk menunjang proses pembelajaran.
  3. Bangunan perguruan tinggi harus memenuhi persyaratan keselamatan, Kesehatan, kenyamanan, dan keamanan serta dilengkapi dengan instalasi listrik yang berdaya memadai.
  4. Standar Sarana dan Prasarana
  5. Gedung Pengajaran

Gedung pengajaran merupakan sentral kegiatan bagi STIT Darul Hijrah Martapura. Gedung pengajaran STIT Darul Hijrah Martapura terdiri atas beberapa bagian, yaitu :

  • Lantai 1 merupakan ruangan bagian administrasi, ruangan pimpinan STIT Darul Hijrah Martapura, ruangan dosen, dan perpustakaan.
  • Lantai 2 merupakan ruangan perkuliahan.
  1. Gedung Perkuliahan

STIT Darul Hijrah Martapura memiliki 1 gedung perkuliahan. Seluruh ruangan dilengkapi dengan kursi dan whiteboard untuk perkuliahan.

  1. Perpustakaan

STIT Darul Hijrah Martapura sudah memiliki sebuah perpustakaan, namun koleksinya masih sangat terbatas.

  1. Perlengkapan/Peralatan

Pelaksanaan kerja STIT Darul Hijrah Martapura didukung oleh perlengkapan/peralatan yang disediakan dan diperbaharui secara periodic oleh pengelola STIT Darul Hijrah Martapura. Di antaranya, computer, soundsystem, LCD, lemari-lemari arsip, dan lainnya.

  1. System Keuangan STIT Darul Hijrah Martapura
  2. Biaya Operasional

Biaya operasional pembelajaran STIT Darul Hijrah Martapura adalah bagian dari biaya pelaksanaan kegiatan Pendidikan yang mencakup biaya dosen, biaya tenaga kependidikan, biaya bahan operasional pembelajaran, dan biaya operasional tidak langsung.

  1. Penyusunan RAPB

Standar satuan biaya operasional Pendidikan tinggi di STIT Darul Hijrah Martapura menjadi dasar bagi pimpinan STIT Darul Hijrah untuk Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja (RAPB) perguruan tinggi tahunan dan menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa STIT Darul Hijrah Martapura.

 

H.    SISTEM PENJAMINAN MUTU

 

Standar Penjaminan Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengacu pada Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan tinggi yang terdiri dari 8 (delapan) standar, yaitu :

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER

 

RPS PANCASILA

RPS FILSAFAT ILMU

RPS ISLAM DAN SAINS

RPS BAHASA INDONESIA

RPS AKIDAH ISLAM (TAUHID)

RPS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

RPS HADITS TARBAWI

RPS TAFSIR TARBAWI

RPS SHARF I

RPS ILMU BALAGHAH I

RPS QAWA’ID IMLA

RPS TARIKH AL-‘ULUM AL-‘ARABIYAH

RPS PENGANTAR STUDI ISLAM

RPS PSIKOLOGI UMU

RPS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

RPS SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

RPS USHUL FIQH DAN FIQH

RPS PENDIDIKAN AKHLAK (TASAWUF)

RPS STATISTIK PENDIDIKAN

RPS SOSIOLOGI PENDIDIKAN

RPS ILMU BALAGHAH II

RPS SHARF II

RPS NAHWU I

RPS MAHARAH AL-ISTIMA’ I

RPS PSIKOLOGI PENDIIDIKAN

RPS BAHASA INGGRIS

RPS BIMBINGAN KONSELING

RPS MANAJEMEN PENDIDIKAN

RPS KEWIRAUSAHAAN

RPS PENDIDIKAN INKLUSI

RPS ILMU PENDIDIKAN ISLAM

RPS PROFESI KEGURUAN

RPS MAHARAH AL-ISTIMA’ II

RPS NAHWU II

RPS MAHAEAH AL-QIRA’AH I

RPS MAHARAH AL-KALAM I

RPS MAHARAH AL-QIRA’AH II

RPS MAHARAH AL-KALAM II

RPS NAHWU III

RPS MAHARAH AL-KITABAH I

RPS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I

RPS TARJAMAH I

RPS BAHASA ARAB MODERN I

RPS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

RPS MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

RPS STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

RPS EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

RPS AL-‘ARABIYAH LI AL-AGHRADH AL-KHASH

RPS MAHARAH AL-QIRA’AH III

RPS MAHARAH AL-KALAM III

RPS MAHARAH AL-KITABAH II

RPS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB II

RPS TARJAMAH II

RPS ILMU LUGHAH

RPS FIQH LUGHAH

RPS BAHASA ARAB MODERN II

RPS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB

RPS PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB

RPS TADRIBAT AL-LUGHAWIYAH WA AN-NAHWIYAH

RPS ILMU LUGHAH AN-NAFSIY

RPS ILMU LUGHAH AL-IJTIMA’I

RPS METODE PENELITIAN (UMUM)

RPS METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN BAHASA

RPS MAHARAH AL-KITABAH III

RPS USLUB KITABAH AR-RISALAH ILMIAH

RPS PPL I

RPS SEMINAR PROPOSAL

PEDOMAN PPL DAN KKN

PEDOMAN SKRIPSI